Shopping cart

Add, remove products or go to the checkout page to proceed with the purchase.

Perlu Disimak, Ini Cara Mengatasi Kecemasan Saat Berbicara Bahasa Inggris

Speaking dalam Bahasa Inggris masih dianggap momok menakutkan bagi banyak orang. Bahkan dalam beberapa kasus, banyak yang mahir writing namun tidak mahir speaking. Sebenarnya mengapa hal itu bisa terjadi? Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasinya? Berikut ini penyebab serta beberapa cara mengatasi kecemasan saat berbicara Bahasa Inggris yang patut disimak.

Bagaimana Kecemasan Berbicara Bahasa Inggris Bisa Terjadi?

Kecemasan dalam berbicara atau speaking bisa terjadi karena murni pikiran negatif ataupun karena rasa kurang percaya dengan kemampuan diri. Jika dirasa sudah memiliki kemampuan yang cukup, maka permasalahan yang harus dihadapi adalah pikiran negatif yang seakan selalu menyerang saat akan berbicara.

Pikiran negatif semacam itu akan sangat menghambat proses berbicara. Apalagi jika berbicara dalam Bahasa Inggris yang notabene bahasa asing, pikiran negatif yang tidak rasional bisa berlipat ganda. Sebenarnya, pikiran negatif seperti ini bisa juga dipacu oleh pengalaman kurang menyenangkan di masa lalu. Misalnya saja mungkin di masa lampau pernah salah berucap atau bagaimana. Hal tersebut bisa membangun pikiran negatif dalam otak.

Untuk bisa lancar berbicara dalam Bahasa Inggris, maka diperlukan kemampuan, rasa percaya diri, dan kesiapan mental. Pikiran negatif akan banyak mempengaruhi rasa percaya diri dan kesiapan mental. Kalaupun sudah memiliki kemampuan tetap tidak berguna jika kedua hal pendukung tersebut tidak ada. Oleh karenanya, pikiran negatif harus dihapuskan.

Cara Mengurangi Kecemasan Saat Berbicara Bahasa Inggris

  1. Menetapkan Target

Salah satu cara mengatasi kecemasan saat berbicara Bahasa Inggris  adalah dengan membiasakan berbahasa tersebut. Dimana suatu bahasa akan bisa terserap dalam otak jika diterapkan dengan cara berbicara, menulis, dan memahaminya secara keseluruhan. Sama halnya Bahasa Inggris, harus diterapkan secara berkelanjutan. Satu hal yang perlu dilakukan adalah menetapkan target belajar.

Target ini yang nantinya akan memacu diri untuk berprogres. Sebagai contoh, bisa menargetkan untuk bisa speaking. Maka mulai dari hal kecil, misalkan target untuk menyapa orang lain dengan Bahasa Inggris setiap pagi. Jika sudah tercapai, bisa ditingkatkan dengan ajakan percakapan. Terus begitu hingga dirasa tidak takut lagi untuk berbicara Bahasa Inggris.

  1. Selalu Berpikir Positif

Karena pikiran negatif dinilai sangat menghambat progres belajar speaking, maka yang harus dilakukan adalah selalu berpikir sebaliknya, positif. Pikiran banyak mempengaruhi bagaimana perilaku, termasuk acara berbicara. Dengan selalu berpikiran positif, akan menstimulasi otak untuk lebih berani dan percaya diri saat berbicara.

Dengan begitu, progres belajar speaking akan bisa meningkat. Tanamkan pikiran positif bahwa semuanya akan baik-baik saja. Tidak perlu risau salah ucap kata atau pola grammar, namanya juga belajar. Wajar jika salah, malah menjadi salah satu cara mengatasi kecemasan saat berbicara Bahasa Inggris dengan evaluasi terhadap kesalahan tersebut.

  1. Berani Melangkah Maju

Jika dirasa pikiran negatif selalu muncul saat akan berbicara, maka tidak ada jalan lain selain menghadapinya. Pikiran itu berasal dari diri sendiri, jadi akan sangat mudah menghapusnya saat memiliki kemauan yang kuat. Jangan mau kalah dengan pikiran negatif, beranilah untuk melangkah maju apalagi dalam hal belajar.

Jika merasa takut untuk speaking, coba intropeksi diri. Apabila dirasa kemampuan kurang mumpuni, belajar menjadi solusi terbaik. Jika malu memulai percakapan, buang rasa takut itu. Dengan berani melangkah, akan menghapuskan ketakutan dan pikiran negatif yang sering muncul di otak. Keberanian semacam ini akan sangat membantu progres belajar lebih cepat.

  1. Mencari Partner atau Tempat yang Tepat

Speaking akan lebih mudah dipelajari jika memiliki partner yang tepat. Bagaimana cara menemukan partner speaking? Hal itu mudah, tinggal cari teman yang sama-sama ingin belajar speaking. Bisa teman sekolah, teman bermain, atau bahkan teman virtual dari sosial media. Ajak mereka untuk belajar speaking sedikit demi sedikit.

Atau jika tidak, bisa mencoba bergabung dalam komunitas belajar atau mengikuti kursus Bahasa Inggris. Salah satu cara mengatasi kecemasan saat berbicara Bahasa Inggris adalah mengikuti kursus inggrism. Dalam lingkungan semacam itu terdapat banyak orang yang bisa dijadikan partner untuk belajar speaking. Saat sudah menemukan partner, maka rajinlah berlatih speaking melalui percakapan yang baik.

  1. Belajar Mengatasi Kesalahan

Saat berbicara, apalagi di hadapan publik, pasti memiliki peluang untuk melakukan kesalahan. Contohnya seperti salah mengucapkan kata, bagaimana pronunciation, atau lupa dengan kalimat yang akan diucapkan. Yang mana rasa takut akan kesalahan semacam itu akan memicu kecemasan berlebih.

Sehingga, penting untuk belajar menangani kesalahan. Misalnya, jika tiba-tiba salah mengucap kata, bisa langsung mengucapkan ‘sorry’ kemudian mengulangi bagian yang salah. Atau jika lupa dengan satu akta spesifik, bisa mencari alternatif sinonimnya. Jika sudah terbiasa untuk mengatasi kesalahan, maka akan mengurangi kecemasan saat speaking.

  1. Belajar Menerima Kesalahan dan Kritik

Hal yang penting untuk belajar dari kesalahan. Ketika memiliki kecemasan untuk berbicara, maka perlu untuk mempersiapkan diri. Walaupun nantinya akan ada kritik yang datang, harus tetap bisa menerima tanpa harus takut mengulang kembali. Dimana kritik yang ada akan membantu proses belajar menjadi lebih baik lagi.

Dengan belajar dari kesalahan dan kritik yang ada, bisa melakukan perbaikan di lain waktu. Cara mengatasi kecemasan saat berbicara Bahasa Inggris dengan melakukan perbaikan tersebut, menjadikan diri lebih siap lagi untuk menghadapi orang banyak. Hasilnya, bisa meminimalisir kecemasan yang muncul saat akan berbicara. Maka penting untuk bisa menerima kritik atau kesalahan yang ada.

  1. Mencatat Progres Belajar

Ketika sedang belajar, perlu juga untuk mencatat seberapa jauh progres yang dilalui. Hal itu bisa dijadikan patokan serta bahan evaluasi. Patokan untuk mengetahui kemampuan, sehingga bisa mempersiapkan lebih saat akan berbicara. Dengan begitu, bisa mengurangi kecemasan akibat kurangnya persiapan.

Sebagai bahan evaluasi, yaitu saat sudah mengetahui di bagian mana kemampuan yang kurang. Maka di bagian tersebut pula seharusnya lebih dipelajari atau dipersiapkan selanjutnya. Dengan begitu, akan bisa mengurangi kecemasan berbicara karena kemampuan yang tidak mumpuni. Sejak awal sudah mempersiapkan untuk hal yang terburuk.

  1. Memberikan Self Reward

Saat sudah memiliki progres belajar speaking yang bagus dan tidak lagi mengalami kecemasan, maka perlu untuk memberikan self reward. Hal ini bisa menjadi hadiah sekaligus motivasi, mendorong semangat untuk terus belajar dan berkembang dalam hal speaking. Atau jika tidak bisa dianggap self reward sebagai bonus setelah mencapai target belajar yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dengan melakukan beberapa cara mengatasi kecemasan saat berbicara Bahasa Inggris di atas, diharapkan dapat membantu progres belajar speaking. Mengingat bahwa kemampuan speaking menjadi poin penting untuk bisa mahir Bahasa Inggris. Persiapkan diri dengan baik untuk mengurangi kecemasan akibat pikiran negatif.

Dengan selalu mempersiapkan yang terbaik dan berpikiran positif, sedikit banyak akan menambah rasa percaya diri. Dengan begitu, mental akan lebih siap dan kuat untuk speaking, bahkan jika itu di depan publik. Ikuti beberapa cara di atas untuk mengurangi kecemasan saat akan berbicara Bahasa Inggris.