Tue. Sep 26th, 2023

Bali, sebuah pulau di Indonesia yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan aktivitas diving yang menakjubkan.

Selain spot diving terkenal seperti Nusa Penida dan Padang Bai, Bali juga menyimpan beberapa spot diving yang belum banyak diketahui oleh para penyelam. Berikut adalah spot diving terbaik di Bali yang harus kamu coba.

Tulamben

Spot diving pertama yang harus kamu coba saat berkunjung ke Bali adalah Tulamben. Tulamben terkenal dengan kapal karamnya, USAT Liberty, yang menjadi rumah bagi banyak ikan dan terumbu karang.

Kapal ini tenggelam pada tahun 1942 akibat serangan kapal selam Jepang dan sekarang telah menjadi spot diving yang populer di Bali.

Selain kapal karam USAT Liberty, di Tulamben kamu juga bisa menjelajahi Coral Garden yang indah dan penuh warna. Coral Garden memiliki beragam spesies terumbu karang seperti table coral dan brain coral, serta ikan-ikan kecil yang lucu dan cantik.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan kuda laut di area ini. Spot diving ini cocok untuk penyelam pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Selama diving di Tulamben, jangan lupa untuk membawa kamera bawah air karena kamu bisa mengambil foto-foto yang menakjubkan dari kapal karam dan terumbu karang yang indah.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi area terumbu karang lainnya di sekitar Tulamben seperti Drop Off dan Batu Kelebit. Dengan keindahan bawah lautnya, Tulamben merupakan spot diving yang sayang untuk dilewatkan.

Menjangan Island

Menjangan Island adalah bagian dari Taman Nasional Bali Barat dan merupakan spot diving yang populer di Bali. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam spesies ikan seperti kuda laut, hiu martil, dan barracuda.

Selain itu, terumbu karang yang indah membuat Menjangan Island menjadi salah satu spot diving yang paling menakjubkan di Bali.

Selama diving di Menjangan Island, kamu bisa menjelajahi area seperti Pos II dan Pos III. Di Pos II, kamu bisa menemukan terumbu karang yang indah dan banyak dihuni oleh ikan-ikan kecil.

Sedangkan di Pos III, kamu bisa menemukan spesies ikan yang lebih besar seperti hiu martil dan barracuda. Jangan lupa untuk membawa kamera bawah air karena kamu akan menemukan banyak momen yang patut diabadikan.

Selain diving, di Menjangan Island kamu juga bisa melakukan trekking dan mengunjungi Pura Gili Kencana, sebuah pura Hindu yang terletak di dekat pantai.

Dengan keindahan bawah lautnya dan pemandangan alam yang menakjubkan, Menjangan Island adalah spot diving yang harus kamu coba saat berkunjung ke Bali.

Pemuteran

Pemuteran terkenal dengan proyek terumbu karang buatan yang diinisiasi oleh warga setempat. Proyek ini telah berhasil mengembalikan kehidupan terumbu karang di area Pemuteran yang sebelumnya rusak akibat praktek penangkapan ikan yang tidak bertanggung jawab.

Sekarang, di Pemuteran kamu bisa menemukan berbagai macam spesies ikan dan terumbu karang yang indah.

Selain diving, di Pemuteran kamu juga bisa mengunjungi Pura Pulaki, sebuah pura Hindu yang terletak di dekat pantai. Pura Pulaki memiliki arsitektur yang unik dan pemandangan yang menakjubkan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling dan menyewa perahu tradisional untuk menjelajahi pantai Pemuteran.

Saat diving di Pemuteran, kamu akan menemukan banyak spesies ikan seperti ikan badut, ikan pari, dan ikan hiu. Selain itu, kamu juga akan menemukan terumbu karang buatan yang indah yang dibangun oleh warga setempat.

Terumbu karang buatan ini memiliki berbagai macam bentuk seperti menara dan terowongan, serta dihuni oleh ikan-ikan kecil yang lucu.

Pemuteran adalah spot diving yang cocok untuk penyelam pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut dan juga berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan mendukung proyek terumbu karang buatan yang telah berhasil dilakukan oleh warga setempat.

Amed

Amed terletak di ujung timur Bali dan merupakan spot diving yang populer di Bali. Di sini kamu bisa menemukan keindahan terumbu karang yang indah dan banyaknya spesies ikan seperti ikan Nemo. Selain diving, kamu juga bisa menyewa perahu tradisional untuk menikmati pemandangan pantai Amed yang indah.

Selama diving di Amed, kamu bisa menjelajahi spot seperti Jemeluk Bay dan Pyramids. Di Jemeluk Bay, kamu bisa menemukan terumbu karang yang indah dan banyak dihuni oleh ikan-ikan kecil.

Sedangkan di Pyramids, kamu akan menemukan formasi terumbu karang yang unik dan menakjubkan. Di sini, kamu juga bisa menemukan spesies ikan seperti ikan Nemo dan kuda laut.

Selain diving, di Amed kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti trekking, mengunjungi pura-pura Hindu, dan menyewa sepeda motor untuk menjelajahi daerah sekitar.

Dengan keindahan alamnya dan berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan, Amed adalah spot diving yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bali.

Secret Bay

Seperti namanya, Secret Bay merupakan spot diving yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Namun, di sini kamu bisa menemukan berbagai macam spesies ikan langka seperti ikan mandarin dan ikan lumpur. Selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan nudibranch, kepiting, dan banyak lagi.

Saat diving di Secret Bay, kamu akan menemukan area yang terlindung dan tenang. Di sini, kamu bisa menemukan banyak spesies ikan kecil dan terumbu karang yang indah. Jangan lupa untuk membawa kamera bawah air karena kamu akan menemukan banyak momen yang patut diabadikan.

Secret Bay adalah spot diving yang cocok untuk penyelam yang sudah berpengalaman. Di sini, kamu bisa menemukan spesies ikan yang langka dan tidak bisa ditemukan di spot diving lainnya di Bali.

Meskipun belum banyak diketahui oleh banyak orang, Secret Bay adalah spot diving yang harus kamu coba saat berkunjung ke Bali, rekomended banget kalau kata diving bali.

By Budi