Tue. Jul 9th, 2024

Bagi anda yang memiliki rencana liburan ke Gunung Bromo, anda bisa memasukan Bukit Telettubies ke dalam daftar wisata yang wajib dikunjungi. Disekitar kawasan Gunung Bromo memang terdapat berbagai lokasi wisata yang cukup unik. Setiap tempat wisata tersebut memiliki daya tariknya masing โ€“ masing. Hal tersebut membuat wisatawan yang datang ke Gunung Bromo pasti menyempatkan datang ke berbagai lokasi wisata tersebut.

Jika diperhatikan disekitar kawasan BTS terdapat banyak perbukitan. Perbukitan โ€“ perbukitan tersebut ternyata mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Hampir disetiap perbukitan tersebut dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satu perbukitan yang cukup terkenal di kawasan Bromo adalah Bukit Telettubies. Bukit Telettubies selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai wilayah bahkan mancanegara.

Asal Usul Nama Bukit Telettubies

Tempat wisata Bukit Telettubies sebenarnya tidak hanya ditemukan di kawasan Gunung Bromo saja. Ada beberapa wilayah yang memiliki wisata Bukit Telettubies. Bukit Telettubies yang ada di Gunung Bromo ini cukup luas sehingga membuat bukit ini terkenal dibandingkan Bukit Telettubies yang lain. Kenapa diberi nama Bukit Telettubies? Banyak yang penasaran dengan asal muasal nama Bukit Telettubies.

Pernahkah anda melihat film animasi anak โ€“ anak berjudul Telettubies? Di dalam film animasi ini terdapat perbukitan warna hijau yang menjadi tempat tinggal para Telettubies. Tempat wisata di Gunung Bromo ini dinamakan Bukit Telettubies karena perbukitan di lokasi tersebut sama seperti perbukitan yang ada di dalam film animasi tersebut. Itulah yang membuat bukit ini dinamakan Bukit Telettubies yang terinspirasi oleh film Telettubies.

Lokasi Bukit Telettubies

Bukit Telettubies Bromo ini terletak di bagian selatan Gunung Bromo. Lokasi wisata ini berdekatan dengan wisata Padang Rumput Sawana. Biasanya setelah mengunjungi Kawah Bromo para pengunjung melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Bukit Telettubies ini. Lokasinya yang sejalan membuat wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata dalam satu waktu. Kawah Bromo, Bukit Telettubies dan Padang Rumput Savana menjadi lokasi wisata yang bisa anda kunjungi dalam sekali waktu.

Waktu Terbaik Mengunjungi Bukit Telettubies

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Bukit Telettubies harus memilih waktu yang tepat. Pengunjung disarankan untuk datang ke pertengahan musim hujan atau akhir musim hujan. Pada musim inilah Bukit Telettubies terlihat lebih cantik. Hamparan rumput hijau menutupi seluruh permukaan bukit.

Jika berkunjung ke Bukit Telettubies saat musim kemarau, pengunjung tidak bisa melihat hamparan rumput hijau. Rumput akan mengering di musim kemarau sehingga lokasi ini sama seperti padang savana Bromo. Bukit Telettubies terlihat layaknya padang savana di afrika. Pemandangan di musim kemarau sebenarnya tidak kalah menarik dari musim penghujan. Namun jika pengunjung ingin mendapatkan pemandangan perbukitan yang hijau disarankan datang di saat musim penghujan.

Transportasi di Bukit Telettubies Bromo

Banyak yang bertanya kendaraan apa yang bisa sampai ke kawasan Bukit Telettubies Bromo tersebut. Perlu anda ketahui bahwa kawasan Gunung Bromo memiliki akses yang cukup sulit karena medannya berupa hamparan pasir yang sangat luas. Kendaraan utama untuk bisa berkeliling ke berbagai wisata di Gunung Bromo adalah kendaraan mobil jeep atau motor trial.

Apakah harus menggunakan transportasi tersebut? Sebenarnya tidak diwajibkan kepada para penumpang untuk menyewa kendaraan tersebut. Namun demi membuat perjalanan liburan lebih lancar, alangkah baiknya menyewa kendaraan tersebut. Kunjungi disini jika anda membutuhkan informasi jasa penyewaan kendaraan saat berlibur ke Bukit Telettubies Bromo. Anda bisa menggunakan jasa Ongis Travel untuk membuat perjalanan lebih terencana dengan baik.

Fasilitas di Bukit Telettubies

Saat ini Bukit Telettubies menjadi salah satu objek wisata yang dimintai banyak wisatawan. Lokasi wisata ini menawarkan keindahan alam sebagai daya tariknya. Tidak semua wilayah memiliki lokasi perbukitan hijau yang membuat wisata Bukit Telettubies selalu ramai pengunjung. Jika anda liburan ke Gunung Bromo menggunakan jasa travel pasti Bukit Telettubies masuk ke dalam daftar lokasi wisata yang ditawarkan.

Karena memiliki banyak pengunjung membuat fasilitas di Bukit Telettubies ini semakin baik. Para wisatawan yang datang ke Bukit Telettubies bisa menikmati berbagai fasilitas umumnya. Lokasi wisata tersebut menyediakan toilet, tempat parkir, warung makan dan berbagai wahana berfoto. Tujuan utama wisatawan datang ke Bukit Telettubies adalah untuk berfoto.

Berfoto memang menjadi kegiatan utama di Bukit Telettubies. Seperti yang kita tahu bahwa daya tarik utama Bukit Telettubies adalah pemandangannya. Ada banyak titik yang dijadikan spot foto terbaik di bukit tersebut. Kendaraan jeep yang disewa para wisatawan bisa dijadikan property untuk mengambil foto terbaik di lokasi tersebut. Tersedianya fasilitas lengkap tersebut memudahkan para wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan di Bukit Telettubies.

Harga Tiket Masuk Bukit Telettubies Bromo

Jalan โ€“ jalan ke Bukit Telettubies di kawasan Gunung Bromo adalah ide yang menarik. Untuk bisa berlibur ke lokasi ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Bukit Telettubies termasuk wisata di Bromo yang memiliki HTM cukup murah, cocok untuk anda yang ingin berlibur dengan budget yang minim. Harga Tiket Masuk kawasan Gunung Bromo ini hanya berkisar Rp 5.000 saja per orang. Tentu saja harga tersebut sangat murah mengingat lokasi ini termasuk wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Saat berkunjung ke Bukit Telettubies anda akan menemukan berbagai wahana yang disediakan untuk wisatawan. Setiap wahana tersebut dikenakan tarif kurang lebih Rp 5.000 untuk setiap wahananya. Para pengunjung bisa menggunakan berbagai wahana tersebut untuk dijadikan spot berfoto. Ada banyak lokasi dan gaya yang bisa dipilih untuk mengambil foto terbaik. Pastikan anda membawa kamera andalan agar hasil foto lebih baik dan tidak mengecewakan. Kesempatan untuk datang ke wisata ini mungkin tidak bisa diulang atau tidak tahu kapan bisa berkunjung lagi, jadi pastikan anda mempersiapkan kebutuhan dengan matang sebelum berangkat.

Jam Operasional Bukit Telettubies

Lokasi Bukit Telettubies termasuk wisata yang terbuka sehingga bisa dikunjungi selama 24 jam setiap hari dari Senin sampai Minggu. Khusus untuk hari libur jumlah pengunjung di lokasi wisata ini akan meningkat lebih banyak dibandingkan di hari โ€“ hari biasa. Walaupun buka setiap saat, lokasi ini hanya ramai dikunjungi saat pagi dan sore hari saja. Para pengunjung menghindari lokasi ini di siang hari karena sinar matahari yang cukup terik. Pagi dan sore hari menjadi waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Telettubies. Biasanya pengunjung akan mulai meninggalkan lokasi wisata ini sebelum petang. Karena lokasi ini merupakan wisata alam, pengunjung pasti menghindari waktu petang untuk pulang. Hal ini dilakukan juga demi menjaga keamanan selama perjalanan pulang agar tidak mengalami berbagai masalah. Selain itu tujuan utama mengambil foto tentu sudah tidak bisa dilakukan di Bukit Telettubies jika waktu sudah mulai petang.

By Budi