Sat. Jun 22nd, 2024

Microsoft Powerpoint merupakan aplikasi yang berguna sebagai sarana presentasi bagi penggunanya. Sebagai sarana presentasi, pastinya kita ingin hasil Powerpoint yang dibuat menarik audiens yang melihatnya. Salah satu cara agar presentasi kita terlihat menarik dan kreatif adalah dengan menggunakan font.

Cara Untuk Menambah Font Menarik di Microsoft Powerpoint

  1. Instal Dengan Klik Kanan

Cara menambah font di Microsoft Powerpoint yang pertama yaitu dengan metode klik kanan. Format font yang sudah tersedia di dalam komputer anda diusahakan dalam format .0tf atau .ttf. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan select font tersebut. Silahkan instal di berbagai platform yang menyediakan font menarik.

Setelah selesai dengan Langkah select font, klik kanan pada font. Nantinya muncul beberapa tampilan, silahkan pilih pilihan install pada list yang telah muncul. Saat anda memilih install maka akan muncul beberapa tampilan sedang memproses pengunduhan font tersebut. Silahkan tunggu beberapa saat.

Tanda jika font kita telah berhasil terinstal adalah menghilangnya tanda pengunduhan. Namun anda perlu menunggu beberapa saat lagi agar font yang telah anda install muncul di Microsoft Powerpoint. Jika masih tidak muncul, maka silahkan tutup aplikasi Microsoft Powepoint anda, dan masuk Kembali.

Nah itu tadi Cara menambah font di Microsoft Powerpoint menggunakan metode klik kanan. Ketika font yang anda inginkan sudah muncul di Microsoft Powerpoint, anda bisa memulai pengeditan dari materi presentasi yang akan anda tampilkan, usahakan font yang akan anda gunakan menarik dan dapat dibaca jelas oleh audiens.

  1. Instal Dengan Double Klik

Cara menambah font di Microsoft Powerpoint yang kedua adalah dengan menggunakan metode double klik. Langkah awal yang anda perlukan untuk metode ini tidak berbeda jauh dengan metode sebelumnya yang menggunakan klik kanan, silahkan install font yang akan anda gunakan di Microsoft Powerpoint anda.

Nah, beda dari metode sebelumnya adalah pada saat anda akan menginstall font, font yang telah anda select tadi di klik sebanyak dua kali agar kotak dialog install dapat muncul. Proses ini memiliki kelebihan dibandingkan proses sebelumnya lho, yaitu anda dapat melihat seluruh abjad font yang anda install dengan berbagai ukuran. Jika sudah muncul maka pilihlah install.

Selesai proses install, tunggulah beberapa saat untuk menggunakan font yang telah anda install. Namun jika belum muncul juga, maka gunakan metode seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu dengan mengclose Microsoft Powerpoint anda, lalu masuk kembali setelah beberapa saat.

Jika berbagai cara di atas tidak berhasil, ada beberapa alasan yang perlu anda tinjau kembali. Jika anda tidak bisa menginstall font, maka besar kemungkinan karena opsi font tidak di aktifkan secara default. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memilih menu pengaturan kemudian klik panel kontrol. Klik dua kali font, lalu tempatkan tanda centang.

Selanjutnya adalah dengan memilih menu file, klik install font baru yang anda inginkan tadi. Untuk memverifikasi bahwa font yang anda pilih sedang ditampilkan, maka cari folder yang berisikan file font contohnya folder Windows/Fonts. Namun jika cara ini tidak berhasil, besar kemungkinan karena Microsoft Powerpoint anda belum diperbarui.

Namun, jika anda ingin membuat audiens semakin tertarik dengan materi presentasi anda, carakami.comย bisa menjadi solusi. Tidak hanya menyediakan cara menambah font di Microsoft Powerpoint, ada berbagai langkah-langkah yang bisa membuat Microsoft Powerpoint anda mendapat nilai plus. Jangan lupa cek ya!

 

 

By Budi