Sat. Jun 22nd, 2024

Pernikahan bukan hanya soal tentang hidup bersama pria dan wanita, tetapi pernikahan dalam ajaran agama islam memiliki hukum sunnah. Dimana pernikahan merupakan suatu perjanjian suci yang dilakukan pria dan wanita untuk mencapai hubungan halal yang diawali dengan akad untuk menaati perintah dari Allah SWT.

Perintah menikah dalam ajaran agama Islam tercantum di dalam Al-Qurโ€™an pada surat An-Nur ayat 32. Selain itu, menikah juga bisa diartikan sebagai upaya seorang muslim untuk menyempurnakan agamanya. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi.

Hadist tersebut berbunyi : Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.

Selain itu melaksanakan pernikahan akan memberikan banyak keberkahan kepada kedua mempelai karena telah mekasanakan sunnah Rasul jika pernikahan diiringi dengan doa pernikahan.

Nabi Muhammad akan selalu mengajarkan umatnya untuk selalu melaksanakan segala sesuai dengan diiringi dengan doa, termasuk doa pernikahan. Memanjatkan doa kepada Allah SWT adalah sebagai bentuk penghambaan seorang muslim kepada Tuhannya.

Untuk kamu yang ingin melaksanakan pernikahan, selain memesan undangan pernikahan di https://nicewedding.id/. Kamu juga harus mengetahui kumpulan doa pernikahan berikut agar dalam penjalanan pernikahan diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Kumpulan Doa Pernikahan Yang Wajib Diketahui Calon Pengantin

Berikut ini ada beberapa kumpulan doa pernikahan yang bisa diketahui kedua calon pengantin ataupun para tamu undangan. Sehingga ketika hari pernikahan tiba calon pengantin atau tamu bisa membacakan doa yang baik untuk pengantin.

Doa Untuk Pengantin Baru Dari Tamu Kepada Kedua Mempelai Menurut Ajaran Rasulullah

Doa pernikahan tidak hanya diucapkan oleh kedua mempelai yang melangsungkan pernikahan. Tetapi para tamu yang menghadiri pernikahan juga mengucapkan doa yang baik untuk kedua mempelai. Berikut ini adalah doa pernikahan yang bisa diberikan ketika kita menghadiri pernikahan teman, saudara, keluarga atau kerabat yang berama islam.

Inilah bacaan doa pernikahan ketika menghadiri sebuah pernikahan sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah SWT berdasarkan hadits riwayat Imam Abu Daud.

ุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽูƒูŽ ูˆูŽุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูˆูŽุฌูŽู…ูŽุนูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูู…ูŽุง ููู‰ ุฎูŽูŠู’ุฑู

Barakallahu Laka Wa Baraka โ€˜Alaika Wa Jamaโ€™a Bainakuma Fii Khairin

Artinya dalam bahasa Indonesia : Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan โ€œ.

Doa Agar Rukun Dalam Rumah Tangga

Selanjutnya ada doa pernikahan agar rumah tangga yang baru dibangun rukun yang bisa dibacakan oleh kedua mempelai saat hari pernikahan.

ุงูŽู„ู„ู‡ู… ุฅูู†ูŽู‘ุง ู†ูŽุณู’ุฆูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูู„ู’ู‚ููŠูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽุญูŽุจูŽู‘ุฉูŽ ูˆูŽุงู’ู„ูˆูุฏูŽุงุฏูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฑู’ุฒูู‚ูŽู‡ูู…ูŽุง ุงู„ู†ูŽู‘ุณู’ู„ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุจูŽู†ูŽุงุชู ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽูˆู’ู„ูŽุงุฏู ุญูŽุชู‘ูฐู‰ ุชูุฑููŠูŽู‡ูู…ูŽุง ุงู’ู„ุฃูŽุณู’ุจูŽุงุทูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุญู’ููŽุงุฏูŽ. ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ุชูŽุญู’ููŽุธูŽู‡ูู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ู…ูŽูƒูŽุงูŠูุฏู ุงู„ู’ุฎูŽู„ู’ู‚ู ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนููŠู’ู†ูŽ. ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ุชููˆูŽุณูู‘ุนูŽ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุฑูู‘ุฒู’ู‚ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฌู’ุนูŽู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุนูุจูŽุงุฏููƒูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญููŠู’ู†ูŽ. ุงูŽู„ู„ู‡ู… ุฅูู†ูŽู‘ุง ู†ูŽุณู’ุฆูŽู„ููƒูŽ ุงู’ู„ุนูŽุงูููŠูŽุฉูŽ ูˆูŽุฏูŽูˆูŽุงู…ูŽ ุงู’ู„ุนูŽุงูููŠูŽุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ุดูู‘ูƒู’ุฑูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู’ู„ุนูŽุงูููŠูŽุฉูุŒ

Allahumma Inna Nas-aluka An Tulqiya Bainahumal Mahabbata Wal Widaada, Wa An Tarzuqohuman Naslash-sholiha Minal Banati Wal Aulaadi Hatta Turiyahumal Asbatha Wal Ahfad, Wa Antahfadzhohuma Min Makayidil Khalqi Ajmaโ€™ina. Wa An Tuwassiโ€™a Lahumar-rizqo Wa Antajโ€™alahuma Min โ€˜Ibadikash-sholihin. Allahumma Inna Nas-alukal โ€˜Afiyata, Wasy-syukri โ€˜Alal โ€˜Afiyati

Artinya dalam bahasa Indonesia : Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu untuk berkenan melimpahkan cinta dan kasih sayang pada keduanya, karuniailah keduanya keturunan yang shaleh (baik) dari anak perempuan dan laki-laki, hingga keduanya dapat melihat anak cucu keturunannya.

Jagalah keduanya dari tipu daya semua makhluk. Lapangkanlah rizki keduanya dan jadikanlah keduanya sebagai hamba-hamba-Mu yang shaleh. Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan yang kekal dan dapat mensyukuri kenikmatan itu.

Doa Pernikahan Yang Dibaca Suami

Saat menikah, pengantin pria bisa membacakan doa pernikahan berikut setelah sah menjadi seorang suami setelah proses akad selesai :

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽุง ุฌูŽุจูŽู„ู’ุชูŽู‡ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ู‡ูŽุง ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ ู…ูŽุง ุฌูŽุจูŽู„ู’ุชูŽู‡ูŽุง

Allaahumma innii asโ€™aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa โ€˜alaihi, wa aโ€™uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa โ€˜alaihi

Artinya dalam bahasa Indonesia : Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau tentukan kepadanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan dari keburukan yang Engkau tentukan kepadanya โ€œ.

Doa Hubungan Suami Istri

Setelah proses akad nikah, tentunya suami istri akan melakukan hubungan suami istri di malam harinya, berikut ini adalah bacaan doanya :

ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฌูŽู†ูู‘ุจู’ู†ูŽุง ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุฌูŽู†ูู‘ุจู ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุง ุฑูŽุฒูŽู‚ู’ุชูŽู†ูŽุง

Bismillahi Allahumma Jannibnasy-syaithona Wa Jannibisy-syathona Maa Razaqtanaa

Artinya dalam bahasa Indonesia : Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

By Budi