Sat. Jun 22nd, 2024

Membersihkan rumah merupakan hal yang wajar dan pasti dilakukan oleh setiap manusia di bagian dunia mau pun. Mulai dari menyapu, membersihkan jendela, perabotan, mencuci piring-baju, mengepel dan masih banyak lainnya lagi.

 

Ini merupakan aktivitas yang penting dilakukan demi kebersihan rumah yang ditinggali. Dengan rumah yang bersih, tentu saja Anda lebih merasa nyaman untuk tinggal di dalamnya. Selain itu, rumah yang bersih juga memiliki faktor yang tinggi untuk kesehatan.

 

Namun, membersihkan rumah terkadang tidak sekedar membersihkannya begitu saja. Ini dikarenakan, di beberapa situasi, bisa saja rumah bisa menjadi lebih kotor apabila melakukan dengan cara yang salah.

 

Lantas apa saja cara membersihkan rumah yang salah justru bikin kotor? Berikut adalah ulasan lengkapnya beserta solusi yang bisa dilakukan!

 

Membersihkan Rumah Menurut Urutannya

 

Biasanya cara yang salah dikarenakan urutan yang salah pula. Namun, ini juga tidak menutup kemungkinan faktor lain yang mempengaruhi.

 

Seperti pada misalnya saja, Anda membersihkan seluruh rumah secara mendetail dengan menyapunya, bahkan hingga ke sudut-sudutnya. Saat lantai rumah sudah terlihat sangat bersih, Anda membersihkan perabotan atau jendela, dan beberapa bagian rumah lainnya. Ini tentunya akan membuat lantai kembali kotor.

 

Saat Anda mengelap atau membersihkan beberapa perabotan yang berada di ketinggian lebih tinggi dari lantai, maka tentunya debu atau kotoran tersebut jatuh ke arah lantai lagi dan membuatnya kembali kotor. Jadi ini merupakan cara yang salah dan malah membuat rumah akan menjadi kotor. Ini juga merupakan langkah yang sangat tidak efektif karena akan membuat Anda bekerja dua kali.

 

Begitu pula dengan mengepel. Sebaiknya, Anda menyapu bersih lantai terlebih dahulu. Ini dikarenakan, apabila lantai masih ada debu atau juga kotoran, maka dengan mengepelnya malah bisa menjadikannya lebih kotor. Ini bisa terjadi karena air yang berada di pel, akan terkontaminasi oleh debu berlebih tersebut.

 

Ini mengapa urutan membersihkan rumah sangat penting untuk diperhatikan. Pertama adalah dengan membuang sampah atau sesuatu yang sudah layak dibuang. Setelahnya, Anda bisa membersihkan bagian rumah mulai dari yang teratas, yaitu bagian atap. Sarang laba-laba, kotoran, semuanya dibersihkan terlebih dahulu. Lantas langkah setelahnya adalah dengan membersihkan perabotan dan juga alat-alat rumah tangga. Anda bisa menyapu seluruh debu yang berasal dari atap dan juga perabotan, lantas mengepelnya untuk membuatnya semakin bersih.

 

Itu adalah alasan dari pentingnya memperhatikan urutan dalam membersihkan rumah. Jadi, pikirkan terlebih dahulu apa saja yang hendak Anda kerjakan, agar tidak sampai

 

mengerjakannya sebanyak dua kali, yang tentunya menghabiskan tenaga serta waktu dan juga sangat tidak efektif.

 

Membersihkan Rumah Dengan Benar

 

Tips yang kedua adalah dengan memperhatikan benar saat Anda membersihkan dengan cara mengelap beberapa perabotan atau juga peralatan rumah tangga.

 

Hal ini berdasarkan dari kain lap yang digunakan. Pastikan agar kain tersebut tetap bersih, dan bukan merupakan bekas setelah membersihkan kotoran, terlebih yang membandel.

 

Misalnya saja, kain lap tersebut selepas digunakan untuk membersihkan kerak membandel pada sudut kompor. Setelahnya, Anda gunakan untuk membersihkan bagian rumah yang lain. Bukannya menjadi bersih, rumah akan malah semakin tambah kotor. Ini dikarenakan, kotoran yang menempel di lap tersebut, akhirnya malah menyebar ke tempat Anda mengelapkannya di sudut yang lain.

 

Jadi selain memastikan urutan membersihkan rumah yang benar, pastikan juga Anda selalu menggunakan peralatan bersih-bersih yang sudah bersih juga!

 

By Budi