Tue. Jul 9th, 2024

 

Risiko kebocoran data yang semakin tinggi lantaran perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat penerapan ISO 27001 sistem manajemen keamanan informasi menjadi hal penting. Bagi perusahaan yang ingin mengadopsi sistem tersebut, bisa menggunakan jasa pendampingan sertifikasi ISO 27001. Berikut manfaat dan poin penting yang harus diketahui sebelum memilih jasa.

Manfaat Menggunakan Jasa Pendampingan Sertifikasi ISO

  1. Menghemat Sumber Daya

Menggunakan jasa pendampingan sertifikasi ISO akan membuat perusahaan dapat menghemat sumber daya. Kenapa ? Jika anda tidak memiliki banyak pengetahuan terkait sistem manajemen keamanan informasi, maka perusahaan perlu mengerahkan sumber daya yang dimiliki dalam mengimplementasikan standar ISO tersebut, baik itu sumber daya manusia maupun materi.

Karena itu, sumber daya yang dimiliki bisa habis untuk keperluan tersebut, hingga mengganggu operasional perusahaan. Namun masalah ini tidak akan terjadi ketika organisasi memilih menggunakan jasa pendampingan. Karena jasa yang profesional dan berpengalaman akan mengarahkan anda sedari awal. Jadi anda tidak harus mengurus berbagai permintaan standar ISO itu sendiri.

  1. Menghemat Waktu

Selain dapat menghemat sumber daya, jasa pendampingan sertifikasi ISO 27001 juga dapat lebih menghemat waktu anda selama pengurusan sertifikat ISO. Karena seperti yang telah dijelaskan bahwa pihak jasa akan mengarahkan sedari awal. Jadi anda tidak perlu lagi mempelajari satu per satu detail terkait persyaratan standar ISO yang ada.

Terlebih perlu diketahui bahwa persyaratan standar ISO ini termasuk sangat banyak dan rumit. Apabila anda tidak memiliki pengetahuan yang luas mengenai hal tersebut, maka akan menghabiskan banyak waktu untuk memahami dan mengimplementasikannya. Dalam hal ini, jasa pendampingan sertifikasi ISO akan sangat membantu.

  1. Menghemat Biaya

Bukan hanya menghemat sumber daya dan menghemat waktu saja, anda juga dakan lebih menghemat biaya. Karena penerapan yang keliru dan menyimpang akan membuat anda harus melakukan revisi berkali kali, inilah yang membuat perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih. Sehingga lebih praktis menggunakan jasa, karena anda akan diberi tahu apa apa saja yang dibutuhkan dan perlu dibiayai.

  1. Transfer Knowledge

Satu lagi manfaat menggunakan jasa pendampingan sertifikasi, yakni terkait transfer knowledge. Bagi orang awam, pemahaman tentang standar sistem manajemen keamanan informasi mungkin dapat mengalami mal interpretasi. Namun adanya jasa akan memberi anda pemahaman yang tepat mengenai standar tersebut.

Poin Penting Harus Diperhatikan Saat Memilih Jasa

Karena lebih banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan jasa pendampingan sertifikasi ISO supaya lebih praktis, bentuk jasa seperti ini pun sekarang sudah semakin banyak. Oleh karena itu, memilihnya tidak boleh dilakukan secara sembarangan supaya anda mendapatkan pelayanan terbaik, sehingga sertifikat pun segera diperoleh.

Adapun yang perlu diperhatikan yaitu skill dari pihak jasa. Pastikan bahwa konsultan ISO mempunyai kemampuan yang relevan, apalagi ada kemungkinan mereka tidak memberi layanan atas semua standar ISO. Dan menerapkan standar ISO di suatu perusahaan juga tidak bisa dibilang mudah, jadi memang dibutuhkan kemampuan di atas rata rata untuk memberikan masukan.

Selanjutnya anda bisa memperhatikan track record dari penyedia jasa. Track record yang baik biasanya menunjukkan pengalaman mumpuni dalam membawa berbagai organisasi memperoleh sertifikat ISO. Tentunya anda pun tidak boleh mengesampingkan terkait biaya, sesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh perusahaan.

Menggunakan jasa pendampingan sertifikasi ISO memang jauh lebih praktis, anda dapat menikmati sederet manfaat di atas. Meski begitu, memilih jasanya tetap tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perhatikan beberapa poin seperti yang telah dijelaskan agar anda dapat memperoleh pelayanan yang memuaskan, sampai sertifikat diterbitkan.

 

By Budi