Sat. Jun 22nd, 2024

 

Bagaimana cara print chat WhatsApp? Meskipun WhatsApp sering berada di belakang skandal privasi pengguna, itu masih diminati karena fitur yang ditawarkan WhatsApp. Baru-baru ini, pengguna WhatsApp telah dapat print chat mereka.

 

Chat dengan teman, keluarga, atau bahkan rekan bisnis dapat dengan mudah diprint dan disimpan sebagai bukti. Tentunya fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sering melakukan chat penting melalui WhatsApp.

Cara print chat Whatsapp

 

Print chat di WhatsApp sangat mudah. Metodenya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda
  • Pilih percakapan untuk diprint
  • Klik titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih menu Lainnya atau Lainnya
  • Pilih menu Ekspor Chat
  • Pilih Gmail dan percakapan akan secara otomatis diekstrak ke file
  • Jika ingin printnya, Anda bisa mengunduh filenya terlebih dahulu.
  • Print Chat WhatsApp, Cadangan Alternatif Non-Cloud

Tahukah ternyata chat WhatsApp otomatis dicadangkan langsung di Google Drive? Ini sangat mungkin jika Anda telah memasukkan email Anda ke pengaturan cadangan WhatsApp Anda. Dengan cara ini, setiap kali Anda berganti perangkat, WhatsApp dapat memulihkan semua riwayat percakapan WhatsApp Anda.

Kelemahan backup chat WhatsApp di cloud seperti Google Drive dan iCloud adalah minimnya enkripsi untuk membackup file. Chat di aplikasi WhatsApp selalu dienkripsi, tetapi tidak dicadangkan ke cloud.

Print chat WhatsApp adalah alternatif jika Anda ingin menyimpan bukti otentik percakapan Anda dengan teman, keluarga, atau rekan bisnis. Chat tentang hutang piutang. Misalnya, kurangnya bukti yang dapat diandalkan membuat penyelesaian menjadi sulit.

Fitur Fitur Terbaru Whatsapp

Setelah mengetahui cara print chat Whatsapp, berikut ini beberapa informasi tambahan tentang fitur terbaru WA. Baru-baru ini, aplikasi pesan instan WhatsApp (biasa disingkat WA) merilis sejumlah fitur baru untuk para penggunanya.

Pada Oktober 2022, setidaknya lima fitur WhatsApp modern diluncurkan kepada pengguna. semuanya? Salah satunya adalah kemampuan pengguna untuk mengembalikan atau mengembalikan (undo) chat yang telah terhapus selama beberapa waktu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno telah menyusun daftar 5 fitur WhatsApp terbaru berikut ini :

1. Pulihkan obrolan WA yang dihapus

Anda kini bisa pulihkan chat WA yang telah terhapus. Tapi perlu diketahui bahwa tak semua chat Whatsapp bisa dipulihkan. Fitur ini hanya berlaku untuk menghapus tin dakan obrolan menggunakan opsi “hapus untuk saya” atau “Hapus untuk saya”.

Saat pengguna menghapus obrolan WA di ruang obrolan menggunakan opsi ‘hapus oleh saya’, menu popup dengan opsi ‘batalkan’ ditampilkan. Jika Anda memilih opsi ini, obrolan WA yang dihapus sebelumnya akan muncul kembali di ruang obrolan.

2. Reaksi emoji status WA

Fitur Status WA juga akan diperbarui Oktober ini. Pengguna kini dapat bereaksi dengan emoji terhadap status WA yang diunggah oleh pengguna lain. Memberikan reaksi emoji pada status WA Anda sangatlah mudah.

Pengguna cukup mengecek status WA yang tersedia dan klik opsi Reply. Kemudian pilih emoji yang akan digunakan tergantung pada status Anda. Setidaknya ada delapan emoji yang bisa dipilih, seperti terlihat pada gambar di atas.

3. Diam-diam keluar dari Grup WA

Kemampuan untuk keluar dari grup WA secara diam-diam atau tanpa disadari bukanlah hal baru bulan ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk keluar atau “meninggalkan” grup WA tanpa ketahuan. Tanpa notifikasi ini di ruang obrolan anggota lain, kamu bisa meninggalkan grup Whatsapp secara diam-diam.

Namun, hanya karena tidak ada pemberitahuan di ruang obrolan anggota lain, bukan berarti aktivitas keluar dari grup benar-benar sunyi. Meski tidak terlihat oleh member lain, notifikasi keluar dari grup WA tersebut justru terkirim ke chat room admin.

Jadi meskipun pengguna keluar dari grup, admin akan tetap menerima notifikasi di chat room. Anda juga dapat melihat riwayat aktivitas pengguna yang keluar dari grup dari opsi “Lihat peserta sebelumnya” dan “Lihat peserta sebelumnya”.

Opsi pada halaman profil grup WA memungkinkan anggota lain untuk melihat daftar pengguna yang telah keluar dari grup. Penjelasan lebih lengkap mengenai cara kerja fitur Diam-diam Keluar Grup WA bisa dibaca di artikel ini Rahasia Diam-diam Keluar Grup WA di HP Android dan iPhone.

4. Bagikan tautan undangan panggilan WA Anda

Baru baru ini, WA menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat dan membagikan tautan undangan telepon. Pengguna lain dapat secara otomatis bergabung ke panggilan menggunakan tautan undangan tersebut. Untuk membuat tautan panggilan WA yang diambil dari situs FAQ WhatsApp, klik menu Panggilan.

Kemudian klik opsi Buat Tautan Panggilan dan pilih jenis panggilan antara panggilan audio atau video. Kemudian klik Bagikan Tautan untuk membagikan tautan.

5. Hapus pesan anggota grup WA

Fitur WhatsApp kelima bulan ini adalah penghapusan admin. Fitur ini memungkinkan pengurus grup WA untuk menghapus pesan yang dikirim oleh anggota di ruang obrolan menggunakan opsi Hapus Semua.

Pesan yang dikirim oleh anggota grup WA tidak akan terlihat oleh anggota lain setelah administrator menghapusnya menggunakan opsi ini. Menghapus pesan anggota grup WA sangat mudah.

Admin tinggal pilih chat dari member lain yang ingin dihapus. Kemudian pilih opsi Hapus Semua dan pesan akan dihapus dari ruang obrolan grup WA. Fitur ini sangat berguna bagi administrator untuk mengontrol konten percakapan dalam grup WA.

 

 

By Budi